Menulis, membuat pikiran tenang, cerah dan terbuka

Salam Ceria :)

Hallo Sobat, kali ini saya mau sedikit ngebahas tentang tulis-menulis. Ada yang suka nulis? atau punya banyak waktu luang mungkin, sehingga hari - hari kita tampak kosong tak ada artinya. Mungkin Sobat mulai sekarang bisa sedikit demi sedikit mulai menulis.

" . . . mengapa harus nulis?" mari kita bahas bersama . . .

image from : http://aiharabettychan.wordpress.com


Menulis merupakan salah satu wadah kita untuk mengekspresikan segala yang ada di alam pikiran kita. Segala pikiran yang terlintas dalam otak kita bisa kita keluarkan lewat tulisan - tulisan yang menarik. Memang, untuk pertamakali mungkin tulisan kita akan kacau balau#kayak tulisan yang sedang dibaca ini :p#namun tak usah khawatir atau takut, karena dengan seiring dengan semakin banyaknya kita mencoba dan mencoba lagi untuk menulis, akan semakin baiklah tulisan yang kita hasilkan. Dalam hal menulis di dunia maya kata "baik" bukan berarti tulisan harus baku dan sesuai dengan EYD yang tepat. Karena disini kita bicara yang diinginkan pengguna internet yaitu bahasa yang simple, komunikatif dan ekspresif. Jadi, bukan bahasa yang formal yang panjang dan bertele-tele.

Namun yang perlu digaris-bawahi, jika sobat ingin menulis tentang hal-hal yang bersifat ilmiah atau formal, sejenis contoh makalah, karya tulis, dan yang sejenis itu lain ceritanya, karena tulisan itu akan digunakan oleh pembaca sebagai referensi tugas-tugas mereka untuk keperluan formal mereka. Jadi, untuk hal yang satu ini tulisan memang harus baku dan sesuai dengan EYD.

Kembali ke permasalahan semula yakni manfaat menulis. Menulis akan membuat pikiran kita tenang, cerah dan semakin terbuka terhadap hal-hal baru. Mengapa bisa begitu? dengan menulis pikiran kita yang semula kosong, terpecah belah karena suatu masalah atau mungkin awalnya sulit untuk mengekspresikan sesuatu akan teralihkan kepada sesuatu yang ada wujudnya, yakni tulisan. Semakin banyak kita menulis, semakin terbuka pikiran kita kepada hal-hal baru dan lebih komunikatif, karena kita juga secara tidak sadar belajar merangkai kata demi kata menjadi suatu kalimat yang enak dibaca untuk diri kita sendiri dan orang lain. Intinya daripada kita diam saja atau sekedar main game saja lebih baik kita gunakan waktu yang ada untuk menulis dan menghasilkan tulisan-tulisan yang indah :p :)

Sekian Sobat sedikit uraian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan dapat jadi pengisi waktu kosong sobat :)

Salam Ceria :)

2 comments:

  1. Betul sekali, dg nulis pikiran kita jdi semakin berkembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sobat, kami tunggu tuliasn Sobat Cerita untuk berbagi disini :)

      Delete

silakan tinggalkan saran atau komentar yang baik, terima kasih atas kunjungan sobat, ditunggu kunjungan berikutnya :)

Pages